BANNER
Daerah

Di Akhir Tahun Apri Minta OPD Terkait Kontrol Kebutuhan Pokok

BINTAN,WARTAINDONESIANEWS.com  – Menjelang Natal dan Tahun Baru Tahun 2017, harga beberapa komoditas segala macam jenis, turun naik dipasaran. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan memantau kenaikan paling besar per November 2017 berkisar Rp 10.000 untuk harga Ikan Teri ( Ikan Bilis ) menjadi masing-masing Rp 100 ribu per kilogram (kg) nya, dimana pada bulan Oktober 2017 yang lalu telah menyentuh harga Rp 90.000/Kg, sementara Bawang Putih mengalami penurunan Rp 10.000 menjadi Rp 20.000/Kg nya dari harga Rp 30.000/Kg di bulan Oktober 2017, Senin (11/12/2017).

Beberapa komoditas lainnya juga mengalami kenaikan berkisar Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,-. Antara lain Cabe Rawit , Cabe Merah , Sayuran Sawi dan Beras. Namun beberapa komoditas juga terlihat mengalami penurunan berkisar Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,- yaitu Bawang Merah, Bawang India serta Bawang Putih.

” Ikan Teri harganya naik paling tinggi di pasaran, mungkin karena cuaca akhir tahun sedang tidak menentu, nelayan banyak yang tidak melaut. Sedangkan, Komoditas yang turun dipasaran, paling besar yaitu Bawang Putih. Untuk komoditas lainnya masih stabil,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan Khairul.

Ditambahkannya juga, untuk ketersediaan Stok Pangan di Kabupaten Bintan menjelang Akhir Tahun 2017 masih dirasa cukup aman. Beberapa komoditas dipantau per November 2017 seperti Stok Beras tercatat sebanyak 4.985.610 Kg dengan tingkat kebutuhan konsumsi perbulan mencapai 1.455.561/Kg/Bulan sedangkan Stok Gula Pasir 931.474 Kg dengan tingkat kebutuhan konsumsi perbulan mencapai 189.387/Kg/Bulan, lalu Stok Daging Sapi 27.916 Kg dengan tingkat kebutuhan konsumsi mencapai 18.614/Kg/Bulan.

” Beberapa stok komoditas cukup aman hingga jelang akhir tahun , Komoditas Beras , Gula , Daging Sapi, Minyak Goreng, Cabe Merah cukup hingga awal Tahun 2018 dan akan kita pantau terus ketersediaan nya . Selain itu, Satgas Pangan Kabupaten Bintan akan menindaklanjuti dari himbauan Satgas Pangan Nasional, bahwa kita mengharapkan agar mulai dari level Penjual, Distributor hingga Pelaku Usaha hendaknya menjaga ketersediaan pangan dan juga stabilitas harga dengan tidak menaikkan harga barang, sembarangan tanpa adanya perhitungan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa tingkat konsumsi menjelang akhir tahun biasanya cenderung naik signifikan. Beberapa komoditas seperti halnya Gula, Beras, Ikan, Cabai, Bawang dan Minyak Goreng biasanya diprediksi juga akan mengalami kenaikan permintaan pasar.

” Kita minta Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Perindagkop Kabupaten Bintan terus lakukan evaluasi dan stabilitas harga di pasar. Karena biasanya menjelang akhir tahun, permintaan pasar naik signifikan. Stabilitas harga pasar harus dijaga, utamanya kebutuhan pangan di masyarakat jangan sampai berkurang” tutupnya.

Reporter : (jo/hms)

Editor      :Zulham

BANNER
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BANNER
To Top