BANNER
Ekonomi & Bisnis

Dinas PMD Bintan Gelar Sosialisasi TTG

BINTAN,WARTAINDONESIANEWS.com – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) bintan melakukan sosialisasi teknologi tepat guna dan posyantek kepada bumdes, masyarakat serta pihak sekolah yang ada di kabupaten bintan, acara dilaksanakan di aula kantor bupati bintan, rabu (15/11/2017) dengan menghadirkan nara sumber terdiri dari pemerhati teknologi nasional yang bertanggung jawab langsung kepada presiden yaitu Ir. Arie Sudaryanto. MP, Kadis PMD Propinsi Kepri Sardison serta pihak akademisi dari Politeknik Batam yang menggeluti bidang robotic.

Wakil Bupati Bintan Drs. Dalmasri Syam, MM saat membuka sosialisasi menjelaskan bahwa, sosialisasi ini sangat baik dilakukan, karena dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk memperkenalkan hasil kerajinan yang telah mereka hasilkan yang mungkin selama ini tidak kita ketahui, selama ini memang sudah ada beberapa daerah yang telah menghasilkan beberapa produk olahan, seperti olahan teripang, limbah bauksit dan lainnya, namun kita harus benar-benar mendukung sampai bisa menghasilkan,” tegasnya

Pemerintah kabupaten bintan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten bintan dengan mengerahkan OPD-OPD terkait agar saling bersinergi dan kegiatan ini juga bukan hanya sekedar dilakukan sosialisasi saja. Namun akan kita kontrol terus sampai dapat berjalan dan dapat menghasilkan.

Kadis Pemberdayaan Desa (PMD) Kabupaten Bintan Ronny Kartika, S.STP saat ditemui seusai pembukaan sosialisasi Teknologi Tepat Guna dan Posyantek mengatakan bahwa tujuan sebenarnya dilakukan sosialisasi ini adalah untuk melakukan pemetaan apa saja potensi-potensi teknologi simple dan sederhana yang dihasilkan diruang lingkup bumdes di setiap wilayah masing-masing.

” Jika telah mendapatkan data yang valid maka pada tahun 2018 potensi yang dihasilkan akan dimunculkan dalam gelaran event teknologi tepat guna tingkat kabupaten bintan,” terangnya.

Selama ini kita telah melakukan pendataan dan pemetaan terhadap produk dan inovasi-inovasi sederhana yang dihasilkan setiap wilayah kita, namun semakin kedepan dan dilihat dari visi, misi Bupati dan Wakil Bupati agar dapat memberdayaan masyarakat desa, maka kita harus benar-benar konsen agar nantinya potensi-potensi yang dihasilkan disetiap daerah dapat kita munculkan dan dapat dipasarkan, untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini kita juga merangkul pihak swasta, agar dapat ikut serta dalam pengembangan produk-produk inovasi sederhana yang dihasilkan pengrajin yang ada di wilayah masing-masing daerah, ini sebenarnya bisa menjadi dongkrak perekonomian setiap desa.

” Untuk saat ini posyantek yang telah dibentuk baru di tiga kecamatan, yaitu kecamatan bintan timur, toapaya dan gunung kijang, yang sudah ada akan kita maksimalkan lagi dan kecamatan yang belum ada akan segera kita bentuk sesegera mungkin, kita harus kebut untuk tahun 2018 agar setiap daerah memiliki produk-produk sendiri,”ungkapnya.

Reporter : (jo)

Editor      :Zulham

BANNER
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BANNER
To Top