BANNER
Teknologi

Kaji Cagar Budaya, Disbudpora Bintan Cari Dana Di Pusat

17910851_254164445054229_505770662_nBINTAN,WARTAINDONESIANEWS.com – Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Bintan dalam waktu dekat akan melobi Pemerintah Pusat guna mendapatkan aliran dana APBN untuk melestarikan benda cagar budaya yang ada di Bintan, Rabu (12/4/2017).

Pasalnya anggaran untuk pelestarian benda tersebut sangat dibutuhkan alokasi dana yang sangat besar dalam mengembangkan cagar budaya itu.

” kita harus samakan persepsi dulu untuk menjadikan situs bersejarah sebagai benda cagar budaya. Dengan begitu Pemerintah Pusat akan berminat kucurkan APBN ke Bintan,” ujar Kepala Disbudpora Bintan, Makhfur Zurachman, di Hotel Bintan Agro Km 36.

Lebih lanjut Makhfur menjelaskan ada empat benda bersejarah yang akan ditetapkan sebagai cagar budaya. Yaitu Bukit Kerang di Kampung Kawal Darat, Kecamatan Gunung Kijang.

Kemudian Rumah Tua di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Dapur Arang di Sungai Kecil, Kecamatan Teluk Sebong dan Rumah Adat Tambelan (Gemenshaapt) yang berlokasi di belakang Gedung Daerah Kota Tanjungpinang.

Dari keempat situs itu, kata dia baru satu yang setatusnya menjadi milik Pemkab Bintan yaitu Bukit Kerang. Lahan yang ditempati situs tersebut sudah dibebaskan oleh pemerintah melalui APBD seluas 1,5 hektare. Sedangkan tiga situs lainnya akan diusahakan peningkatan setatusnya dari milik warga menjadi milik Pemkab Bintan.

” syarat dikatakan sebagai cagar budaya usianya diatas 50 Tahun, 18-19 April nanti akan datang tim dari jakarta dan Medan untuk mengkroscek cagar budaya dibintan,” tutupnya.

Reporter : (jo)

Editor :zulham

BANNER
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BANNER
To Top