BANNER
Nasional

Pentingnya Gizi Yang Baik Untuk Anak- Anak Menjamin Masa Depan Bangsa

Screen-Shot-2016-09-11-at-8.43.43-PMBANTEN,WARTAINDONESIANEWS.com – Masa depan suatu bangsa, ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, memerlukan perhatian terus-menerus dan program yang berkesinambungan. Pemerintah akan terus berkomitmen untuk menghadirkan gizi yang baik bagi anak-anak.

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Banten,Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya meningkatkan kualitas gizi anak-anak, terutama bayi dan balita.

“Untuk ibu-ibu hamil, kita tidak mau ada gizi buruk. Untuk anak-anak balita kita, kita juga tidak mau ada gizi buruk. Untuk anak-anak sekolah terutama SD, kita akan beri makanan tambahan,” tegas Presiden dalam keterangannya kepada wartawan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten.

Presiden menambahkan pentingnya menggaungkan secara terus-menerus, betapa pentingnya sumber protein bagi anak-anak kita. Perhatian, menurut Presiden, bahkan harus diberikan sejak dalam masa kehamilan.

Tak hanya mengandalkan pemberian makanan tambahan, Jokowi juga menghimbau para warga agar memanfaatkan sayur-mayur sebagai tambahan asupan gizi untuk anak-anak. Sayur-mayur termasuk bahan makanan mudah untuk ditanam di halaman kanan-kiri rumah tangga, dan dapat menjadi sumber protein dan gizi murah bagi anak-anak.

Terkait rencana peningkatan gizi ini, “Akan terus kita lakukan dalam minggu-minggu ini dan minggu-minggu depan. Karena ini penting untuk investasi masa depan anak anak kita,” kata Presiden yang hadir didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Berulang kali Jokowi menegaskan bahwa Pemerintah tidak akan menutup-nutupi kondisi faktual di lapangan. Dalam kesempatan di Banten tersebut, Presiden juga menekankan kembali pernyataannya. “Di semua tempat kita harus ngomong apa adanya. Ini yang terus kita kerjakan agar sejak ibu hamil itu sudah diberi makanan tambahan. Diberikan pengertian secara sederhana betapa pentingnya yang namanya gizi, yang namanya sumber protein, mereka harus mengerti,” ujar Presiden.

Sebelumnya, di Pulau Nias, Presiden juga sudah mencanangkan program peningkatan gizi balita dan anak-anak. Setelah itu, program peningkatan gizi ini akan dilanjutkan di Jawa Timur, Jawa Barat, dan beberapa tempat di mana balita dengan gizi buruk masih ditemukan.

Perhatian Presiden terhadap kondisi gizi anak-anak di seluruh Indonesia sangatlah tinggi. Sebagai contoh, ketika Jokowi mendengar bahwa telah ditemukan remaja dengan gizi buruk di Pangandaran, Jawa Barat, pada bulan Maret 2016 lalu, Presiden langsung memerintahkan untuk memberikan bantuan dan membawa remaja dengan gizi buruk tersebut untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Setahun sebelumnya, pada bulan Agustus 2015, Presiden juga telah menyatakan bahwa masalah gizi buruk harus ditangani segera. “Apapun itu, yang namanya gizi, khususnya untuk balita harus diperhatikan dan ditangani dengan serius,” katanya di Istana Bogor, Jawa Barat, kala itu.

Reporter : rd/jakup

Editor :zulham

BANNER
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BANNER
To Top